Wednesday, May 29, 2013

Tips Cara Merawat Dapur dan Peralatan Masak

Tips Cara Merawat Dapur - Kondisi dapur yang rapi, bersih, dan teratur, tentu akan sangat membuat proses memasak anda menjadi lebih mudah dan efektif. Selain itu, juga kebersihan peralatann masak akan membuat lebih nyaman dan alat-alat tersebut jadi tahan lama. Lalu bagaimanakah cara untuk merawat dapur dan peralatan masak di rumah? Berikut beberapa tips dan cara merawat dapur dan peralatan masak.


1. Membersihkan Panci dan Wajan Berkerak

Bila panci atau wajan kotor, berkerak dan sulit dibersihkan, maka kita bisa menggunakan panci atau wajan tersebut untuk merebus air panas yang telah ditambahkan 1 sendok teh baking soda. Lalu diamkan sekitar 30 menit, lalu bersihkan lagi dengan spons kawat. Cara ini bisa digunakan juga untuk alat-alat aluminium lainnya.


2. Menghilangkan Lemak dan Bau Amis

Tak jarang alat-alat dapur kita terkena lemak dan bau amis lainnya. Bila lemak atau bau amis masih menempel pada peralatan makan Anda, gosoklah peralatan makan tersebut dengan air jeruk nipis, lalu diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu, cuci bersih peralatan makan tersebut dengan sabun.





3. Mengatasi Sisa Spons Cuci

Kita mungkin biasa mencuci piring dengan spons cuci. Namun setelah selesai mencuci piring, jangan biarkan spons cuci yang sudah digunakan terendam dalam larutan sabun cuci dalam waktu yang lama. Hal ini dikarenakan bakteri dari sisa makanan bebas berkembang biak dan membuatnya tidak higenis. Keringkan dan cuci bersih spons setelah dipakai.


4. Membersihkan Blender

Membersihkan blender biasanya cukup sulit. Namun ada cara sederhana untuk melakukannya. Pertama masukkan campuran air hangat atau beberapa tetes cairan pencuci piring ke dalam blender. Lalu nyalakan blender tersebut selama beberapa saat lalu buang air bekas cucian tersebut. Kemudian cuci bilas seperti biasa.


Nah, itu tadi sekilas mengenai cara merawat dapur dan peralatan masak agar selalu bersih. Semoga dengan memiliki dapur yang higienis, bersih dan teratur, kita akan semakin semangat menyiapkan menu masakan yang sehat dan lezat untuk keluarga.

No comments:

Post a Comment