Tuesday, October 16, 2012

Replika Gunung Rinjani

Replika Gunung Rinjani - Gunung Rinjani, gunung yang banyak di rindukan para pendaki di Bumi ini karena keindahan dan cantik alamnya yang berlokasi di Lombok Nusa Tenggara Barat ternyata memiliki replika untuk memudahkan bagi yang ingin mendaki Rinjani dan menikmati indah alamnya tetapi terkendala oleh berbagai hal hingga belum bisa menjamahnya secara langsung.



Sebuah taman cantik buatan Kerajaan Karangasem merupakan replika Gunung Rinjani. Taman Narmada di Lombok dibuat Sang Raja dengan maksud menjadikan sebagai replika Rinjani. Sampai - sampai, ada replika Danau Segara Anak di sana!

Pada masa pemerintahan Kerajaan Karangasem, Raja Anak Agung Gede Ngurah sering naik ke Gunung Rinjani guna melakukan ritual Mulang Pekelem. Raja melakukan ritual ini untuk meminta hujan.

Raja bersama tangan kanan dan prajuritnya mendaki Gunung Rinjani hingga mencapai Danau Segara Anak. Sesampainya di sana, Sang Raja menaruh sesajian di danau sebagai permohonan untuk meminta hujan. Namun sayang, saat umur semakin bertambah, raja pun tak sanggup lagi mendaki gunung. Raja yang tak kehabisan akal membangun Taman Narmada sebagai replika gunung rinjani.


Lanskap taman ini memang menaik dan menurun. Agaknya dibuat sedemikian rupa agar terasa seperti sedang mendaki atau menuruni bukit. Satu yang menarik adalah sebuah kolam besar yang bentuknya cukup tidak beraturan.


Di antara tiga kolam di sana, kolam yang paling kanan inilah yang paling besar. Ternyata, itulah replika Danau Segara Anak. Karena hanya replika, luas danau buatan ini pun mencapai 100 kali lebih kecil dari danau aslinya. Di kolam inilah, Sang Raja melakukan ritual saat ia sudah terlalu tua untuk mendaki gunung. sumber

No comments:

Post a Comment