Saturday, October 27, 2012

Cara Membuat Blog di Blogger - Terlengkap

Artikel ini adalah lanjutan dari Langkah Mudah Membuat Website Blogger - Setelah anda berfikir matang-matang tapi jangan sampe gosong yee, hhehee.. untuk membuat blog, mari kita bahas tuntas di artikel ini bagaimana sih cara membuat sebuah blog...??
bukan bermaksud menggurui - ini hanya sekedar sharing kita bersama karena ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang kita dapat lalu memberikannya kepada orang lain.

Langsung Langkah-langkah untuk membuat website blogger.

1.  Buatlah akun google atau email gmail.
     Answer : kenapa harus akun gmail...??
     Ask      : Menurut versi penulis, karena blogger merupakan salah satu produk dari google oleh sebab itu buatlah akun google yang nantinya untuk memudahkan anda dalam segala hal yang berhubungan dengan blog anda nantinya. klik disini untuk mendaftar lalu isi dan ikuti petunjuk selanjutnya.

2.  Setelah anda membuat akun google - kunjungi blogger.com lalu klik daftar - isi form pendaftaran dengan lengkap kemudian klik langkah berikutnya.

3.  Anda akan dibawa ke halaman verifikasi akun lalu isikan no.telp anda (klik kirim kode verifikasi)

4.  Nanti akan mendapatkan kode verifikasi ke nomor ponsel anda yang berfungsi untuk proses verifikasi akun anda.

5.  Setelah anda mendapatkan kode verifikasi lalu masukkan kode itu di halaman Verifikasi Akun Anda (klik verifikasi). Finish anda telah berhasil membuat sebuah blog.



Berikut Menu-menu di blog, saya akan menjelaskan satu per satu beserta fungsinya
1. Ikhtisar : menu yang berfungsi untuk melihat informasi tentang blog anda antara lain adalah statistik penayangan, pembaruan, berita dari blogger dan lainnya.

2. Post : untuk melihat artikel yang telah anda buat, terdapat 3 yaitu semua, draft, dan diterbitkan. apabila anda ingin membuat artikel baru silahkan klik entri baru.

3. Laman : berfungsi untuk membuat halaman page dengan url /p contoh: http://domainanda.blogspot.com/p/about.html - laman biasa digunakan dan bermanfaat untuk membuat halaman aboutme, pernyataan, atau penjualan.

4. Komentar : Berfungsi untuk pengaturan komentar pengunjung blog anda mau diterbitkan atau masuk ke spam apabila tidak ingin diterbitkan.

5. Google+ : untuk layanan google+

6. Statistik : untuk mengecek, mengontrol, atau memonitoring jumlah pengunjung blog anda dalam bentuk statistik.

7. Tata Letak : berfungsi untuk pengaturan dan penambahan feature-feature letak / posisi elemen-elemen pada halaman blog anda.

8. Template : untuk mengubah tampilan blog anda (editing html, background, feature-feature blog, dan lain-lain)

9. Setelan : untuk pengaturan dasar yang berhubungan dengan blog dan akun anda.



Dikemudian hari insyallah.., saya akan menjelaskan tentang cara mengubah template blog, feature-feature untuk blog, dan lain-lain. Sekian sharing knowledge kali ini, semoga bermanfaat untuk kita semua...

No comments:

Post a Comment