Wednesday, October 17, 2012

Keunggulan dan Fitur Animasi 3DS Max

Keunggulan dan Fitur Animasi 3ds Max 

Berikut adalah beberapa keunggulan dan fitur-fitur yang bisa kita peroleh dari software 3ds max :

Fitur Model Organic dan Unorganic. 

Model organic dapat berupa karakter model makhluk hidup yang tidak nyata ( imajinatif ) seperti monster dan sebagainya. Model unorganic dapat berupa model objek-objek benda mati seperti mobil dan sebagainya.

Fitur yang digunakan untuk model organic pada umumnya menggunakan teknik polygonal modeling dan NURBS modeling. Teknik Polygonal modeling adalah teknik membuat model dengan menggunakan objek geometry dasar seperti box yang kemudian dikembangkan menjadi objek yang lebih kompleks. Sedangkan teknik NURBS modeling adalah teknik membuat model dengan menggunakan garis-garis yang dibuat seperti rangka objek yang diinginkan, kemudian diberikan bentuk permukaan ( surface ).

Fitur Biped dan Bone ( Rangka ).

Teknik Bone adalah membuat tulang satu persatu, kemudian dibuat link antara masing-masing tulang sehingga saling berhubungan. Teknik Bone berbeda dengan teknik Biped,  teknik biped memungkinkan kita untuk membuat tulang yang telah terinterigasi menjadi satu kesatuan rangka yang utuh sehingga kita tidak perlu lagi menghubungkan dan membuat link satu per satu antar tulang seperti teknik bone.



Fitur Effect.

Fitur Effect dan Enviroment effect digunakan untuk membuat efek api, asap, kabut, pendar cahaya, dan sebagainya.








Fitur Texture Real dan Texture Cartoon.
Texture Real berarti memberikan tekstur yang sebenarnya, sesuai dengan sifat dan karateristik objek seperti di dunia nyata atau asli ( Fitur yang digunakan yaitu material standard ). Sedangkan Texture Cartoon berarti memberikan texture seperti kartun dengan menggunakan warna cerah dan terang ( Fitur yang digunakan yaitu material Ink'npaint ).

Fitur Membuat Bulu, Rambut, Rumput dan Sebagainya.
Untuk membuat objek-objek tersebut diperlukan fitur khusus yaitu Hair dan Fur. Fitur tersebut dapat memudahkan anda untuk membuat objek bulu, rambut, rumput dan sebagainya.


Fitur Membuat Kain dan Baju.
Fitur yang digunakan ialah Cloth Simulation. Dengan fitur ini anda dapat membuat kain atau baju dengan lebih natural dan realistik menyerupai bentuk aslinya.


Fitur Objek Liquid
Fitur yang digunakan ialah Meta Particle dan BlobMesh. Fitur ini sering digunakan untuk membuat sungai, laut, kolam dan sebagainya.


Fitur Cahaya Realistic.
Anda bisa menggunakan fitur Global Illumination dengan beragam teknik sesuai keinginan anda seperti Light Tracer, Mental Ray atau Radiosity.


Fitur Animasi Dynamic.
Fitur ini tidak hanya digunakan untuk benda atau objek yang keras saja namun dapat juga digunakan untuk benda-benda lunak, kain, dan sebagainya.

No comments:

Post a Comment