Saturday, October 20, 2012

Amalan Kasih Sayang Suami-Istri

Dalam hubungan suami - istri, ada adab-adab yang mesti diamalkan dan dikekalkan oleh setiap pasangan untuk menjamin keharmonisan rumah tangga. Salah satu adab yang mesti dikekalkan adalah sifat malu terhadap pasangan. Beberapa hal yang perlu dimalui dan karenanya janganlah dilanggar oleh istri terhadap suaminya adalah :
  • Memelihara Aib Suami
  • Diam ketika suami bicara
  • Membenarkan kata-kata suami
  • Jangan meminta talak kepada suami
  • Jangan bermasam muka dihadapan suami
  • Berprasangka baik terhadap suami
  • Memanggil suami dengan panggilan yang baik
  • Berhias dihadapan suami
  • Memuliakan dan menghormati suami dan kerabatnya

Amalan Untuk Mewujudkan Kasih Sayang Suami-Istri.

1.  Membaca Surat Ali Imran Ayat 31
Firman Allah  :
Katakanlah ( wahai muhammad ) : " jika benar kamu mengasihi allah, maka ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi kamu serta mengampuni dosa-dosa kamu. Dan ingatlah, Allah maha pengampun, lagi maha mengasihani. "
Apabila sampai kepada ayat "yuhbibkumullah ( maka niscaya Allah mengasihimu ), maka niatkanlah nama suami, barulah disambung dengan ayat seterusnya.


 2.  Mengamalkan Surat Yusuf Ayat 4.
Firman Allah :
" ingatlah peristiwa, tatkala nabi yusuf berkata kepada bapaknya: "Wahai Ayahku! Sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas bintang dan matahari serta bulan; aku melihat mereka memberi hormat kepadaku "

3.  Untuk Melembutkan Hati Suami dan Juga Anak, maka amalkan membaca surat al - Hasyr ayat 21.
Firman Allah :
" Sekiranya kami turunkan Al-Qur'an ini ke atas sebuah gunung, niscaya engkau melihat gunung itu khusuk serta pecah belah karena takut kepada allah. Dan Ingatlah, perumpamaan-perumpamaan ini kami kemukakan kepada umat manusia, supaya mereka memikirkannya, "

4.  Ayat ini juga sesuai dibaca untuk melembutkan hati seseorang, yaitu surat asy - Syura ayat 19
Firman Allah :
" Allah maha lembut sifatnya ( Serta melimpah-limpah kebaikan dan belas Kasihnya ) kepada hamba-hambanya; Ia memberi rezeki kepada siapapun yang dikehendakinya dan Dialah Yang Maha Kuat, Lagi Maha Kuasa."

5.  Pasangan suami istri juga hendaklah selalu mengamalkan membaca surah Thaha.
     Baca dan tiupkanlah di ubun-ubun anak dan suami/istri ketika mereka tidur. Surah ini bukan sekedar dapat melembutkan hati pasangan dan anak, melainkan juga memberi kesan kepada hal-hal lain misalnya : ketika berhadapan menghindari orang-orang yang membayar hutang, maka boleh dibacakan surah ini. 

Dikutip dari berbagai sumber terpercaya.     

No comments:

Post a Comment