Wednesday, January 1, 2014

Beberapa Cara Alami Mengobati Asam Urat

Cara mengobati asam urat secara alami atau tradisional sangat dibutuhkan karena asam urat merupakan penyakit yang sangat menyakitkan. Dalam istilah medis asam urat disebut dengan Gout. Penyebab dari asam urat yakni konsumsi zat purin yang berlebihan. Dimana zat tersebut diolah oleh tubuh menjadi asam urat.

Cara mengobati asam urat

Cara Mengobati Asam Urat


Sebenarnya asam urat tidak berbahaya, namun apabila kadar asam urat tersebut belebihan maka organ ginjal dalam tubuh kita tidak akan mampu untuk mengeluarkannya, hal tersebut menyebabkan terjadinya kristal asam urat menumpuk dibagian persendian. Inilah penyebab dari penyakit asam urat yang memberikan rasa nyeri pada sendi.

Zat purin berlebihan penyebab asam urat yakni berasal dari sisa makanan yang anda konsumsi setiap harinya. Dan ternyata hampir setiap bahan makanan yang berasal dari makhluk hidup mengandung zat purin. Bahkan berbagai buah dan juga sayuran yang kita konsumsi pun mengandung zat purin. Cara mengobati asam urat secara alami mungkin bisa menjadi salah satu solusi untuk anda meskipun sekarang sudah banyak obat yang bermanfaat untuk mengatasinya.

Bagi anda penderita asam urat, ada berbagai makanan yang dilarang untuk dikonsumsi diataranya yakni sebagai berikut.
  • Jeroan : hati, limpa, ginjal, otak, usus, dan paru
  • Seafood : udang, kerang, kepiting, cumi-cumi, ikan teri, dll
  • Ekstrak daging seperti dedeng dan abon
  • Daging sapi, daging kambing, dan daging kuda
  • Kacang-kacangan : emping, kacang tanah, kacang ijo, melinjo, dll

Beberapa gejala penyakit asam urat yakni seperti timbulnya rasa kesemutan, sendi terasa nyeri, biasanya ini terjadi pada pagi dan malam hari. Adapun bagian tubuh yang mengalami nyeri yakni pada daerah jari kaki, tumit, tangat, siku, dan pergelangan tangan, selain itu lutut juga bisa terasa nyeri.

Untuk mengatasinya ada beberapa cara mengobati asam urat secara alami yang bisa anda coba. Diantaranya yakni sebagai berikut.
1. Dengan berbagai campuran bahan alami.
Bahan-bahan :
5 butir cengkeh
200 g ubi jalar merah
1 ruas jari kayu manis
1 buah biji pala
10 butir merica
15 g jahe merah
5 butir kapolaga
gula merah secukupnya

Cara membuat ramuan :
Rebus semua bahan tersebut kedalam 1 ½ L air, kemudian tunggu hingga mendidih dan sisakan tinggal ½ L air saja. Konsumsi air rebusan tersebut maksimal 2 kali sehari.

2. Dengan pare
Caranya yakni cuci pare mentah yang sudah dibuang isinya hingga bersih, potong lalu rebus dengan 2 gelas air, tunggu sampai mendidih dan hingga airnya tinggal 1 gelas saja. Setelah itu konsumsi air rebusan tersebut 1 kali saja dalam sehari.

3. Dengan daun salam
Rebus 10 lembar daun salam dengan 2 gelas air, tunggu hingga mendidih dan tinggal 1 gelas saja, konsumsi air rebusan tersebut 2 kali sehari.

Cara mengobati asam urat secara alami diatas mungkin bisa anda coba sendiri dirumah. Baiklah demikian sedikit informasi mengenai cara mengobati asam urat untuk anda semoga dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment