Tuesday, May 1, 2012

Bahasa Indonesia - Wawancara

A. Pengertian Wawancara

Wawancara adalah  tanya jawab yang terjadi antara orang yang mencari informasi (pewawancara) dengan orang yang memberikan informasi (narasumber). Wawancara dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu sebagai berikut.

1. Wawancara serta-merta

Wawancara ini merupakan wawancara dalam situasi alami . Dalam wawancara ini, pertanyaan disampaikan seperti komunikasi sehari-hari.

2. Wawancara menggunakan seperangkat pertanyaan yang telah dibekukan.

Pewawancara sudah menyiapkan urutan-urutan kata-kata dan pertanyaan sehingga dia tinggal membacanya saja ketika wawancara berlangsung.

3. Wawancara dengan petunjuk umum

Dalam wawancara ini, kerangka atau pokok masalahyang ditanyakan kepada narasumber suda disusun sebelumnya
Wawancara dapat dilakukan secara tertutup maupun terbuka.

B. Tahap-tahap Wawancara

1. Pembukaan
    Pewawancara memperkenalkan diri dan menyatakan maksud serta tujuan wawancara. Pewawancara juga menanyakan identitas pribadi narasumber. Dalam melakukan wawancara, pewawancara harus menggunakan perkataan yang sopan dan menghormati narasumber. Pewawancara terlebih dahulu menyampaikan pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan.

2. Inti
    Pewawancara mengajukan pertanyaan secara sistematis dan mencatat setiap jawaban penting yang diberikan oleh narasumber. Pertanyaan yang diajukan mengandung unsur apa, siapa, kapan, dimana, mengapa dan bagaimana.

3. Penutup
    Wawancara diakhiri dengan ucapan terima kasih oleh pewawancara dan memberikan kesan yang menyenakngkan.


No comments:

Post a Comment