Tuesday, May 1, 2012

Bahasa Indonesia - Resensi

A. Pengertian Resensi

Resensi adalah ulasan yang memberikan pertimbangan atau penilaian terhadap buku.
Resensi di buat untuk menyampaikan keunggulan dan kelemahan buku, karya sastra, atau karya seni kepada pembaca, sehingga pembaca dapat menentukan perlu tidaknya karya tersebut.

B. Prinsip Resensi

Pembuatan resensi harus memperhatikan beberapa hal yaitu: objektif, singkat, menyeluruh, jelas, langsung pada sasaran, lugas, jujur, dan sesuai dengan keadaaan dan kemampuan pembaca.

C. Bagian-bagian Resensi

  Ulasan yang diberikan seorang penulis resensi meliputi bagian-bagian berikut.

1. Jenis Buku
    Jenis buku berarti bahwa penulis resensi harus mengklasifikasikan golongan buku yang diresensi termaksuk fiksi dan nifiksi. jika buku tersebut termaksuk fiksi, penulis harus menyebutkan bentuknya berupa roman, novel, atau yang lain.

2. Latar Belakang Buku
    Meliputi  bentuk atau format buku, ilustrasi, gambar, cover, kertas yang dipakai, jenis huruf, dan sebagainya.

3. Isi Dan Bahasa ( Kelemahan dan Keunggulan )
    Dari segi isi, penulis resensi mengulas unsur instrinsiknya, seperti tema, alur, cerita, perwatakan, sudut pandang, dan sebagainya. Dari segi bahasa diulas struktur kalimat, gaya bahasa, ungkapan dan sebagainya. Cara yang digunakan penulis buku dalam mengungkapkan penyelesaian masalah dan cara pengolahan materi juga perlu diperhatikan oleh penulis.

4. Nilai-nilai Buku
    Nilai buku dapat ditentukan denga membandingkan dengan karya lain dari pengarang yang sama atau dengan pengarang lain yang isinya kurang lebih sama. Nilai buku meliputi gambaran umum isi buku, kemurnian ide, dan sebagainya

5. Kesimpulan
    Penulis resensi menyimpulkan perlu tidaknya sebuah buku atau karya sastra dibaca.

No comments:

Post a Comment