Saturday, May 5, 2012

Bahasa Indonesia - Surat

A.   Pengertian Surat.

Surat merupakan bentuk komunikasi tertulis antara seseorang atau lembaga dengan orang atau lembaga lainnya.

B.   Bagian-bagian Surat.

Surat Resmi terdiri dari :
  1. Kepala Surat.
  2. Pembukaan meliputi : tanggal surat, nomor surat, lampiran surat, perial surat, dan alamat surat.
  3. Isi Surat atau Tubuh Surat meliputi : Salam Pembuka dan Isi Surat.
  4. Penutup meliputi : Salam Penutup, Tanda Tangan dan Nama Terang, Jabatan, dan Tembusan.

C.   Jenis-jenis Surat

Secara umum , surat dibedakan menjadi dua jenis.
  1. Surat Resmi : Surat yang digunakan dalam situasi resmi misalnya dalam kedinasan dan perdagangan.
  2. Surat Tidak Resmi : Surat yang digunakan untuk kepentingan yang tidak resmi, misalnya untuk kepentingan keluarga.

Berdasarkan isinya, surat dibedakan menjadi berikut :
  1. Surat Pemberitahuan : Surat yang isinya memberitahukan sesuatu agar diketahui orang lain.
  2. Surat Permohonan Maaf : Surat yang berisi permintaan maaf, disampaikan oleh pihak yang telah melakukan kesalahan atau menyakiti suatu pihak kepada pihak yang disakiti tersebut.
  3. Surat Permohonan Izin : Berisi permohonan izin dari pengirim kepada penerima mengenai sesuatu. Dalam surat permohonan izin, harus dituliskan kejelasan alasan pengajuan permohonan tersebut.
  4. Surat Perjanjian. : adalah surat yang berisi kesepakatan dua belah pihak mengenai suatu urusan.
  5. Surat Edaran : Surat Edaran adalah surat yang berisi informasi yang harus diketahui banyak pihak dalam suatu lembaga.
  6. Surat Undangan: Surat yang berisi permintaan atau undangan kepada penerima surat agar berpartisipasi dalam kegiatan yang diadakan oleh pengirim.
  7. Surat Kuasa : Surat Kuasa merupakan surat yang berisi pemberian wewenang atau sesuatu.
  8. Surat Lamaran Pekerjaan : Surat Lamaran Pekerjaan ditulis oleh seseorang kepada sebuah instansi atau perusahaan untuk dapat diterima menjadi pegawai pada instansi atau perusahaan tersebut. Isi surat lamaran pekerjaan harus singkat, padat, sopan, dan langsung pada persoalan. Dalam surat tersebut, penulis mengemukakan identitas serta pekerjaan yang dikehendakinya. Selain itu, perlu disebutkan pula sumber pengajuan lamaran tersebut, misalnya dari koran, radio, televisi atau inisiatif sendiri.
  9. Memorandum atau Memo : Memorandum merupakan surat yang berisi catatan singkat tentang pokok-pokok permasalahan yang ingin dibicarakan. Memo dibuat oleh atasan kepada bawahan atau pejabat setingkat dengan pembuat memo.



No comments:

Post a Comment